Selasa, 25 Agustus 2015

Asal Mula Terjadinya Perjalanan Wisata

pada zaman dahulu orang melakukan perjalanan karena berbagai tujuan, misalnya keinginan untuk mencari makanan dan minuman,kebutuhan akan rasa aman/tempat tinggal, perasaan ingin tahu, ambisi kehormatan , dan kekuasaan. dengan beberapa alasan tadi, orang-orang yang melakukan perjalanan memiliki kemungkinan untuk kembali ke tempat asalnya maupun tinggal menetap di tempat yang baru. sejak zaman purba, di saat manusia masih mengandalkan hidupnya dengan alam sekitar dan memakan apa saja yang ada di sekelilingnya, menutupi tubuh mereka dengan dedaunan / kulit hewan, kulit pohon dan tinggal di atas pohon untuk mencari tempat yang aman dan selalu perpindah-pindah (nomaden). sehingga apabila di tempat semula sudah dirasa tidak nyaman dan aman lagi ditempati maka orang-orang akan mencari tempat baru yang lebih nyaman dan aman dan seperti itu seterusnya sampai akhirnya mereka menemukan teman dan berkumpul saling membantu menghadapi serangan binatang buas, maupun musuh dari kelompok lain untuk mempertahankan hidup. dalam perkembangan lama kelamaan terbentuklah kelompok atau komunitas yang semakin banyak jumlahnya, yang memiliki pemimpin. untuk mempertahankan kepentingan kelompok mereka berusaha menaklukkan kelompok lain. lambat laun kelompok tersebut menjadi sebuah suku kerena semakin banyak anggotanya dan menetap di suatu desa, untuk selanjutnya berkembang menjadi sebuah negeri


SEJARAH PARIWISATA INDONESIA

pariwisata di indonesia bila kita telusuri dari beberapa peninggalan kuno atau prasasti-prasati yang ada dapat digambarkan sebagai berikut:
1. Abad ke-8 masa jawa kuno di mana pada masa itu masih dikatakan masa purba pada beberapa panel relief di borobudur menggambarkan adegan penjual minuman,semacam warung,kedai,atau rumah makan, serta ada bangunan yang di dalamnya ada orang tengah minum-minum dan bersenang -senang, mungkin menggambarkan rumah minum atau penginapan.
2. Abad ke-14 indonesia memiliki catatan sejarah kebudayaan pariwisata. kakawin nagarakretagama mencatat bahwa raja hayam wuruk telah mengelilingi kerajaan majapahit yang kini menjadi daerah jawa timur menggunakan pedati dengan iring-iringan pejabat negara.
3. Abad ke-15 catatan perjalanan bujangga manik, seorang resi pengelana hindu dari pakuan pajajaran menceritakan perjalannya keliling pulau jawa dan bali. meskipun perjalannya bersifat ziarah, namun kadang-kadang ia menghabiskan waktu seperti seorang pelancong modern: duduk, mengipasi badannya dan menikmati pemandangan di daerah puncak, khususnya gunung gede yang dia sebut sebagai titik tertinggi dari kawasan pakuan.
4. Awal abad ke-19 setelah masuknya bangsa belanda ke indonesia, daerah hindia belanda mulai berkembang menjadi daya tarik bagi para pendatang yang berasal dari belanda. gubernur jenderal pada saat itu memutuskan pembentukan biro wisata yang disebut vereeeging toeristen verkeer yang gedung kantornya juga digunakan untuk maskapai penerbangan koninklijke nederlansch indische luchtfahrt maatschapijj (kini disebut dengan KLM). hotel-hotel mulai bermunculan seperti hotel des indes di Batavia, hotel oranje di Surabaya dan hotel De Boer di Medan. tahun 1913, Vereeneging Touristen verkeer membuat buku panduan mengenai objek wisata di indonesia. sejak saat itu, bali mulai dikenal oleh wisatawan mancanegara dan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara meningkat hingga lebih dari 100% pada tahun 1927.
5. Setelah indonesia merdeka, pada 1 juli 1947, pemerintah indonesia berusaha menghidupkan sektor pariwisata indonesia dengan membentuk badan yang dinamakan HONET (hotel national & tourism) yang diketuai oleh R.Tjitpo Ruslan. badan ini segera mengambil alih hotel-hotel yang terdapat di daerah sekitar jawa dan seluruhnya dinamai Hotel Merdeka. Setelah konferensi meja bundar, badan ini berganti nama menjadi NV HORNET. Tahun 1952 sesuai dengan keputusan presiden RI, dibentu panitia InterDepartemental Urusan Turisme yang bertugas menjajaki kemungkinan terbukanya kembali indonesia sebagai tujuan wisata. Pada masa orde baru, jumlah kunjungan wisatawan mencanegara ke indonesia bertumbuh secara perlahan. Pemerintah pernah mengadakan program untuk meningkatkan jumlah kedatangan wistawan asing ke indonesia yang disebut dengan Tahun Kunjungan Indonesia. program ini meningkatkan kunjungan turis internasional hingga 400.000 orang. selain itu pada tahun 1992, pemerintah mencanangkan dekade kunjungan indonesia, yaitu tema tahunan pariwisata sampai tahun 2000. kepercayaan dunia internasional terhadap pariwisata indonesia mulai mengalami penurunan pada insiden pengeboman bali tahun 2002 yang menyebabkan penurunan wisatawan yang datang ke bali sebesar 32%. aksi teror lainnya seperti bom JW Marriott 2003, pengeboman kedutaan besar australia, bom bali 2005 dan bom jakarta 2009 juga memengaruhi jumlah kedatangan wisman ke indonesia. aksi terorisme di indonesia ini mengakibatkan dikeluarkannya peringatan perjalanan oleh beberapa negara seperti australia dan britania raya pada tahun 2006. pada tahun 2008, pemerintahan indonesia mengadakan program tahun kunjungan indonesia 2008 untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan wisatawan asing ke indonesia, selain itu program ini sekaligus untuk memperingati 100 tahun kebangkitan nasional indonesia. dana yang dikeluarkan untuk program ini sebesar 15 juta dolar amerika serikat yang sebagian besar digunakan untuk program pengiklanan dalam maupun luar negeri. hasil dari program ini adalah peningkatan jumlah wisatawan asing yang mencapai 6,2 juta wisatawan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 5,5 juta wisatawan. sebagai upaya dalam meningkatkan jumlah wisatawan ke indonesia, kementerian kebudayaan dan pariwisata indonesia melanjutkan program "Tahun Kunjungan Indonesia" pada tahun 2009 dengan target 6,4 juta wisatawan dan perolehan devisa sebesar 6,4 miliar dolar amerika serikat, sedangkan pergerakan wisatawan nusantara ditargetkan 229,95 juta perjalanan dengan total pengeluaran lebih dari 128,77 triliun rupiah. program ini difokuskan ke "pertemuan,insentif,konvensi,dan pertunjukan serta wisata laut". pada tahun 2010, pemerintah indonesia mencanagkan kembali "tahun kunjungan indonesia serta tahun kunjungan museum 2010". program ini dilakukan untuk mendorong kesadaran masyarakat terhadap museum dan meningkatkan jumlah pengunjung museum. pada tahun 2011, pemerintah indonesia menetapkan wonderful indonesia sebagai manajemen merek baru pariwisata indonesia, sementara untuk tema pariwisata dipilih " Eco,culture,and MICE". logo pariwisata tetap menggunakan logo "tahun kunjungan indonesia" yang dipergunakan sejak tahun 2008   

1 komentar:

  1. New Players: Baccarat | FSV Guide - FEBCasino
    Learn how to deccasino play Baccarat, the game for 바카라사이트 new players, before you learn the rules, 1xbet korean strategy, and bonuses.

    BalasHapus